Ta’jILaN

Published 12 Agustus 2010 by anyta

Seperti tahun2 sebelumnya, tiap bulan ramadhan pasti ada ta’jilan di masjid-masjid tiap kampung, kalo istilah gaulnya ngabuburit sareng-sareng wonten mesjid.. dan seperti biasanya pula, di masjid kampungku tiap sore saat bulan ramadhan akan penuh dengan anak-anak kecil, remaja masjid, serta bapak/ibu dan simbah-simbah yang datang mulai dari jam 4 sore sampai nanti waktu maghrib untuk ngaji, ta’jilan dan shalat maghrib berjama’ah.

Alhamdulillah meski hanya 30 hari selama 1 tahun ini terjadi, masjid semarak dan merasa “dihidupkan” kembali. Anak-anak yang datang mengaji pun pasti jadi lebih banyak dibanding hari-hari tpa di luar bulan ramadhan, sampai kadang-kadang banyak yang ga kebagian waktu buat ngaji karena pengajarnya ga sebanyak santrinya. Tapi alhamdulillah, regenerasi sudah ada, kita memberdayakan adek-adek yang sudah bagus bacaan Al Qur’annya untuk mendampingi adek-adek yang baru belajar iqro’.

Ta’jilan diawali dengan baca iqro’ buat anak-anak sampai jam 5 sore, setelah itu semua khusyuk mendengarkan kajian keislaman sampai waktu berbuka tiba. Saat yang paling ditunggu-tunggu  anak-anak adalah saat teh manis dan makanan mulai dibagikan🙂 ya itulah kepolosan anak-anak bahkan saking polosnya, saat makanan sudah di depannya, meski belum ada tanda berbuka atau adzan magrib, sudah disantapnya makanan itu…he he he…lha emang dia ga puasa, baru 4 tahun🙂

Saat shalat maghrib berjama’ah, semua khusyuk menghadap Sang Rabb, mulai dari yang kecil – yang shalatnya saja masih meniru gerakan orang dewasa – sampai simbah2 yang bahkan mungkin sudah demensia. Inilah kebahagiaan dalam kebersamaan untuk mencapai ridho Illahi.

– – – – – – – – –

di belahan bumi sana, ada anak-anak yang juga kurindukan

yang ramadhan tahun kemaren, aku sempat bersama mereka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: