Mencari CINTA di Kalimantan

Published 15 Agustus 2010 by anyta

apa yang terpikirkan saat pertama kali membaca judul tulisan ini? he he .. silakan di jawab, boleh di dalam hati saja ato dilafadzkan keras-keras🙂

episode mencari cinta kali ini tuh merupakan ringkasan perjalananku di Kalimantan Barat beberapa bulan kemaren. meski agenda utama di sana adalah untuk menunaikan tugas pekerjaan tapi ada yang tak ingin aku lewatkan selama berada di sana. cari oleh-oleh (buah tangan) khas Kalimantan Barat? itu iya, karena belum tentu lain waktu bisa jalan-jalan ke sana lagi. tapi ada yang lebih penting daripada itu, terutama bagiku yang seorang diri di negeri orang. apakah itu…………?

ya, sesuai judul di atas, aku mencari cinta di sana, tapi eits cinta siapa dan seperti apa yang aku cari? let see…

berada di negeri orang dalam waktu yang agak lama (60 hari) seorang diri, tentunya bagiku akan menjadi catatan tersendiri dalam hidup, menunaikan pekerjaan pertamaku di seberang pulau, adalah tantangan yang lama aku idamkan, dan kali ini Sang Rabb menjawabnya. meski pekerjaanku bukan pekerjaan yang berat secara fisik -di lapangan atau di hutan- tetapi tentunya aku membutuhkan “penguatan” di tengah kesibukan duniawiku itu karena bagaimanapun pikiran, fisik, dan waktu ku juga dikerahkan sepenuhnya untuk pekerjaan sedangkan ada bagian dari tubuhku yang harus ditunaikan haknya juga. tentu saja hak ruhiyahku kudu tetap dipenuhi kebutuhannya. karena kebutuhan ruhiyah ini adalah kebutuhan cinta kita kepada Sang Rabb, dan salah satunya adalah dengan aktivitas tarbiyah.

kumulai pencarian cinta ini dengan cerita dan kisah yang agak berliku tapi alhamdulillah akhirnya aku dipertemukan oleh Sang Rabb dengan “keluarga” tarbiyahku yang baru di sana.  ibrah (hikmah) kebersamaanku dengan keluarga ini, sekali lagi menjawab tantangan yang kuberikan pada diriku sendiri selama ini dan juga inilah jawaban yang Rabb berikan sesuai dengan “kebutuhanku” bukan pada “permintaanku”.  karena yang kemudian ku dapatkan di sana tidak hanya cinta Rabb melalui hamba-hambaNYA yang sentiasa berusaha untuk mencari keridhoannya tapi juga bagaimana perjuangan mereka untuk meraih itu semua. subhanallah.

selama ini -sebelum aku mengalaminya sendiri- aku hanya sebatas mendengar cerita teman atau kenalan atau orang yang tinggal di luar Jawa baik di Sumatra maupun di Kalimantan, Sulawesi, maupun Irian bahwa perjuangan teman-teman di sana untuk tetap tarbiyah sangatlah besar dan membutuhkan banyak pengorbanan. dan aku pun telah membuktikannya sendiri.

untuk menuju tempat “ngaji” kita harus berangkat pagi-pagi karena angkutan umum yang menuju daerah tujuan kita tidak setiap saat ada, harus menunggu 1/2-1jam untuk dapet bis, itupun kita jangan berharap bisa duduk manis di dalam bis karena bis ini adalah bis antar kabupaten dimana tiap hari Ahad atau hari libur pasti penuh sesak dengan orang-orang  yang akan “mudik” atau berbelanja ke pusat kota. perjalanannya pun tidak sebentar melainkan 2-3 jam untuk sampai tempat “ngaji”. kalo beruntung ya bisa duduk, kalo ga, ya berdirilah sampai tempat tujuan. ngaji di sana pun dilakukan 2 minggu sekali, berbeda dengan waktu asalnya, seperti di daerahku juga yang seminggu sekali dapat kita lakukan, tapi tidak di sana karenaforum ini lintas kabupaten jadi tidak memungkinkan secara waktu dan biaya jika dilakukan seminggu sekali. karena itulah, waktu yang ada sangat dimanfaatkan dengan baik agar efektif dan produktif. bisa jadi kita mengalokasikan satu hari penuh untuk aktivitas tarbiyah di sana. subhanallah. tapi atsar yang kemudian didapat pun sangat hebat. bagiku setidaknya.

disinilah aku sangat bersyukur, bahkan aku sempat menangis dalam hati saat forum pertama itu, karena kesungguhan ummahat-ummahat tersebut mencari cinta membuatku merasa sangat kecil dan tiada apa-apanya dalam perjuangan mewujudkannya. masyaallah.

(too be continued)

– – – – – – – – –

nantikan kisah lengkapnya ya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: