selamat tinggal “sahabat kecilku”

Published 26 Agustus 2010 by anyta

dulu,
kita selalu berlomba,
agar menjadi yang terbaik,
di sekolah

dulu,
kita belajar,
bermain,
bercanda,
berjuang,
bersama

tapi,
kini,
tinggal ku sendiri,
berjuang di sini,
selamat tinggal,
“sahabat kecilku”
semoga Allah melapangkan kuburmu,amin.

_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
izinkan aku menuliskan ini untuk mengenangmu, sahabat masa kecilku,
almh.Rakhmia Syah Maharani.

kau selalu jadi juara 1 di sekolah kita dulu dan aku selalu berada di posisi ke 2. sekalipun pernah juga ku rebut posisimu itu tapi itu hanya sesekali saja, selebihnya jika ditotal dari kelas 1 – kelas 6 maka tetap saja kau yang menang, tapi aku senang karena kau telah menjadi motivatorku untuk belajar, karena aku tidak mau kalah darimu teman.

bahkan sampai kita kuliah pun kau selalu 1 langkah lebih baik dariku,
kau di smp 5 (smp peringkat I unggulan se-jogja),
aku di smp 8 (smp peringkat II unggulan se-jogja),
kau di smu 11 (peringkatnya 1 tingkat lebih baik dari smu ku),
aku di smu 10 (peringkat paling bontot se-sma negeri waktu itu),
kau di jurusan pendidikan dokter,
aku di jurusan keperawatan,
itu sudah suratan takdir Sang Rabb rupanya teman,
kita pun mungkin tidak menyadari itu.

sejak smp kita memang tidak lagi seakrab dahulu, terlebih saat aku sudah pindah ke rumah yang sangat jauh dari rumahmu, masa-masa kita dulu pun tidak seperti sekarang yang sahabat lama tep bisa silaturahim meski berjauhan, entah via sms, telpon, chatting, dsb. kita hanya sesekali bertemu itupun hanya saling sapa sambil lalu bahkan saat kita pun di universitas yang sama, fakultas yang sama, kompleks gedung kuliah yang sama tapi kita sudah hidup dengan urusan kita masing-masing, sampai aku pun lalai memenuhi hakmu, tak pernah lagi silaturahim ke rumahmu, tapi aku bersyukur karena kau pun sudah menutup auratmu, kebahagiaan untukku atasmu.

aku tahu kita tak boleh ber andai-andai tentang sesuatu yang telah terjadi di masa lalu, karena itu sudah jadi kehendakNYA pula, tapi aku tetap bersalah padamu karena aku baru tahu kalau kau telah “meninggalkanku” setelah berhari-hari kau dikuburkan, aku seolah tak percaya jika yang diceritakan teman kampusku bahwa Rani yang dia kenal waktu ospek dulu sudah meninggal dunia dan itu ternyata kamu karena beberapa saat terakhir saat aku melihatmu di kampus pun kau tidak pernah terlihat sakit atau kesakitan, tapi aku sadar aku pun tak pernah tahu kondisi sebenarnya dirimu.

dari cerita seorang ibu yang kupaksa mengingat kembali masa-masa perjuanganmu menghadapi penyakitmu, aku akhirnya baru tahu bahwa kau berjuang sangat keras untuk tetap bisa sembuh menghadapi penyakit kankermu itu, penyakit yang ternyata sudah mengalami infiltrasi ke organ dalammu, dan airmata ibu mu tak kuasa menetes saat menceritakan bahwa di masa-masa sakitmu itu kau tetap ingin menyelesaikan masa profesi doktermu, kau memang selalu ingin melakukan yang terbaik dalam hidupmu. meski akhirnya kau tak sempat mengikuti sumpah profesimu tapi aku yakin Sang Rabb sudah memberikan skenario yang lebih baik untukmu, kedudukan yang lebih baik di JannahNYA,amin Ya Rabb.

banyak kata yang ku simpan dan ingin kutuliskan untuk mengenangmu tapi tak kuasa diriku ini rupanya untuk melakukannya. aku yang juga belum pernah ziarah ke kuburmu hanya bisa mendoakanmu agar Sang Rabb melapangkan kuburmu, menjadikan sakit yang dulu kau rasakan sebagai penghapus dosamu dan kelak kau diberikan tempat terbaik di jannahNYA,amin.

10 comments on “selamat tinggal “sahabat kecilku”

  • semoga kepulangan beliau dalam khusnul khatimah, aamiin…

    btw, “aku di smp 8 (smp peringkat II unggulan se-jogja),”
    antum lulus SMP tahun berapa mbak? sy jg alumnus SMP 8 Yk, lho..

    • amiiin Taqobbal ya Karim,
      jazakallah do’anya.

      antum alumni smp 8 juga tho? antu se-angkatan ma Sarah kayaknya ya, hmmm, ane lulus tahun 2000an ya kalo gak salah, 2 tahun sebelum antum lah kira-kira (kalo antum kuliah angkatan 2005, nah ane angkatan 2003)

      ane dulu di smp kelas I.8 >> II.7 >> III.8 ,
      sempet ikut Impeesa (pramuka) mpe kelas 3 juga,
      banyak kenangan juga di smp 8 dulu😀

      • waiyyakum… ^_^

        iya, mbak… saya lulus tahun 2002, satu angkatan sama sarah. tapi kalau di UNY saya sama sarah beda angkatan, tuaan saya, hehe.

        wah, antum kelas besar ya… saya mash kelas kecil. I.1 >> II.5 >> III.1, dulu saya ikut Seni Baca Al Qur’an sama Elektro.
        kemarin datang reunian “Guweg Mulih Kandhang” nggak, mbak?

      • >> iya, tuaan antum di UNY karena Sarah kan sebelumnya di UGM dl th 2005, sebelum akhirnya memutuskan pilihan hidupnya ^_^ (wah jadi ngomongin Sarah nih, ridho tho Sar? ridho diomongin ma ridho akhirnya di UNY)

        >> yup,dulu ane kelas besar,ga dapet guru yang killer2 he he he
        >> wah ane dah lama ga update ttg info smp, ga tahu juga klo ada reunian, boleh tuh antum update kan kalo ada info smp ya, syukron

      • ralat: dulu kelas II.4 ding, bukan kelas II.5

        >>o, begitu ya…

        >>he,,bukannya kelas besar dan kecil gurunya sama??

        >>oke, insyaAllah… btw kalau antum ada facebook ikutan aja page alumni SMP 8 Yk. klik aja di sini

      • syukron infonya, tapi ane dah lama “putus hubungan” ma FB, he he, jd ga bisa ngikut , gpp, info kan bisa dr mana aja, termasuk dr antum😀

  • Tinggalkan Balasan

