oleh – oleh . . . part 1 : kuliner

Published 26 Oktober 2010 by anyta

Kali ini aku ingin sedikit berbagi oleh-oleh dari pulau seberang, meski hanya dalam bentuk cerita tapi aku yakin yang membaca akan menyukainya😀

Berawal dari perjalanan kerja di awal bulan Mei kemaren, Kabupaten Singkawang, Propinsi Kalimantan Barat adalah tempat kerja yang ku tuju selama 2 bulan lamanya.

Berada di suatu tempat yang asing tentunya mensyaratkan penyesuaian bagiku tetapi jika yang berhubungan dengan kuliner atau makanan, rasanya aku tidak perlu waktu lama untuk melakukan penyesuaian karena aku termasuk penyuka semua makanan yang penting halal😀

Berbicara tentang makanan halal, di daerah yang aku tempati memang merupakan hal yang agak sulit dijumpai karena mayoritas warga di area tempat yang aku tinggali adalah etnis cina yang notabene makanan khasnya adalah makanan yang TIDAK BOLEH kumakan sesuai aturan agama. Meskipun harus berjalan cukup jauh atau harus mencari tumpangan untuk mendapatkan makanan halal di sana tapi menyenangkan juga rasanya berwisata kuliner, nah inilah beberapa aneka makanan di Singkawang, yang pernah aku cicipi, selamat menikmati😀

1. Bubur Pedas

Bubur ini adalah asli makanan khas orang Singkawang dan memang aku belum pernah melihat atau pun merasakannya. Hampir tiap karyawan RS tempatku bertugas pasti memintaku untuk mencicipi makanan khas daerahnya itu dan dari cerita mereka yang menggebu-gebu sepertinya cukup enak jika dicicipi.

Suatu hari salah satu karyawan RS membelikanku bubur pedas agar aku mencicipinya, rugi kalau ga pernah mencobanya. Meski aku jadi ga enak karena sampe dibelikan segala tapi akhirnya aku cicipi juga. Ternyata agak jauh dari bayanganku si bubur pedas ini😀 .  Racikannya adalah segala macam sayuran hijau ditambah tauge lalu kacang, sedangkan bumbunya adalah dari beras yang ditumbuk ditambah bumbu lain. Dan sekalipun namanya bubur pedas tapi tidak ada buburnya/nasinya jadi kalau aku menyebutnya “ubleg-ublegan godhong” he he he yang sekilas mungkin akan membuat kita enggan memakannya tapi daripada mubadzir dan untuk menghargai orang yang telah membelikannya maka ku nikmati juga dan ya cukup enak😀 adapun pedasnya ialah dari sambal yang disajikan terpisah, tidak dicampur jadi satu dengan buburnya tapi sedikit saja ku tuang sambalnya, mantaph sekali pedasnya…

 

2. Es Lidah Buaya

Kalau selama ini di Jogja hanya mengenal tanaman lidah buaya sebagai tanaman hias atau  bahan dasar shampoo maka lidah buaya ini adalah jenis yang dapat dimakan.

Salah satu bentuk olahannya adalah sebagai hidangan minuman yang disebut “Es Lidah Buaya”  yang enak sekali rasanya😀.

 

3. Jenang/Dodol Lidah Buaya

Ini adalah bentuk olahan lainnya dari lidah buaya yang dapat dimakan, ga kalah enaknya dengan jenang lainnya ^_^

 

4. Sayur Asem

Meski ini bukan makanan khas singkawang melainkan masakan khas jawa tapi saat ada di sana dan menemukan sayur asem rasanya sangat menyenangkan😀 karena hampir 1 bulan penuh makanan seharihari ku adalah makanan padang yang tiada berkuah, wah segerrr deh pokoknya menyantap sayur asem, serasa makan masakan ibu ^_^v

 

5. Nasi Goreng Ayam

Nasi goreng yang dijual di warung makan ini (lupa apa nama warungnya tapi yang punya haji)  spesial rasanya dan special murahnya (diantara nasi goreng lainnya di sana). Cukup 10ribu rupiah kita sudah bis amenikmati nasi goreng plus ayam goreng dan plus lagi emping, inilah khasnya karena ada emping (biasanya emping kita makan bareng tape atau untuk cemilan aj).

 

6. Soto Ayam

Nah ini adalah menu yang juga dihidangkan di warung makan yang sama dengan menu nasi   goreng tadi. Sebenarnya ada satu menu lagi yang jadi khasnya warung makan   itu yaitu siomay tapi sayang ga sempat mencicipinya😦. Soto ayam di warung itu dihidangkan terpisah dengan nasi, lalu didalam sotonya selain ada suwiran ayam, ada juga telur rebus, kenyang deh dijamin dan bumbu soto nya sangat kerasa dan khas sekali, berbeda dengan soto di jogja. Emping juga disajikan di menu soto ini. Bagi yang cenderung kadar asam uratnya tinggi,sebaiknya tidak mengkonsumsi emping berlebihan ya😀

 

7. Cocktail

Ini adalah minuman mini sebagai hidangan pembuka khusus di warung makan haji … itu (apa    sich nama warungnya?hmm) dan baru sekali ini selama wisata kuliner, kulihat ada pelayanan  yang mantap seperti di warung itu, bisa ditiru nich bagi pemilik warung makan, sebagai cara untuk memanjakan para tamunya. Pantas saja kalau warung makan itu ramai pembeli dan banyak pula pelanggannya. (strategi marketing berhasil tuh ^_^)

 

8. Es Campur

Makan nasi goreng atau soto ayam enaknya ditemani dengan minuman yang menyegarkan,   salah satunya es campur ini (agak lupa ini sebenarnya es campur atau es buah ya :D)

9. Minuman Rosella

Minuman ini asli terbuat dari bunga rosella yang salah satunya berkhasiat menghangatkan   tubuh kita. Kalo di jogja ada minuman serupa fungsinya yaitu wedang uwuh, uenak tenan.

10. Liang Teh Es

Yang satu ini minuman khas daerah Singkawang. Orang-orang di daerah sana kalau menyebut es teh itu adalah teh es (dibalik ya kata-katanya). Nah liang teh adalah jenis teh yang berbeda bahan dan rasanya.

Sebenarnya masih banyak makanan yang pernah dicicipi di Singkawang tapi ini dulu saja ya oleh-olehnya untuk kali ini ^_^ semoga lain waktu bisa ditambahkan lagi. Terimakasih.

 

8 comments on “oleh – oleh . . . part 1 : kuliner

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: